header-int

Ecobrick Community Gathering Meet The Founder

Sabtu, 30 Mar 2019, 16:04:13 WIB - 93 View
Share
Ecobrick Community Gathering Meet The Founder

Berbicara tentang sampah tentunya bukan merupakan masalah yang baru dalam kehidupan saat ini. Khususnya jenis sampah anorganik yang biasa kita kenal dan sangat Nampak dalam kehidupan kita saat ini yaitu Sampah Plastik. Banyak pakar, praktisi dan pemerhati lingkungan berupaya melakukan langkah-langkah penanggulangan sampah plastik ini salah satunya kita mengenal 3 Langkah sampah anorganik yaitu REDUCE, REUSE_and RECYCLE.

Pada perkembangannya Program 3R ini tidak semua mulus atau berhasil diaplikasikan karena pada kasus tertentu bukan mengatasi sampah anorganik terkadang namun masih terdapat jenis sampah yang tidak bisa dilakukan dengan program 3R ini. Dan sebagai solusinya muncul program penanggulangan sampah terbaru saat ini yang dikenal dengan Program Ecobrick. Hal ini dilakukan dengan prinsip tidak menambah sampah plastik namun mengurangi bahkan mengatasi total masalah sampah plastik yang hasil akhirnya adalah sesuatu yang berguna untuk kehidupan kita.

Guna lebih meluaskan program ini dan kampanye menyebarnya pelestarian dan penyelamatan lingkungan maka CSR PT. Pomi Paiton Energy menyelenggarakan program “Ecobrick Community Gathering Meet The Founder” yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Recc Hall PT. Pomi paiton energy dengan menggaet beberapa komunitas. Kamunitas-komunitas ini antara lain Komunitas sekolah adiwiyata binaan, Komunitas Masyarakat pegiat lingkungan dan dinas-dinas pemerintahan terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup.

Kegiatan ini terselenggara pada, 29 Maret 2019 dan MAN 1 Probolinggo termasuk peserta dari unsur sekolah adiwiyata binaan PT. Pomi paiton energy. Kegiatan ini dirangkai dalam bentuk kegiatan Workshop dengan menghadirkan Founder Ecobrick Mr. Russell Maier and Ani Himawati. Dengan beliau berdua kami belajar bersama serta mengenal lebih dekat tentang dampak negative serta langkah tepat untuk penanggulangannya. Setiap peserta yang hadir diajak bersama melakukan Pesta Sampah Plastik dengan membuat ecobrik dan selanjutnya membentuk modul dengan ecobrik yang sudah terkumpul. Lantas berupa apa Modul Ecobrick ini?

Dari ecobrick yang sudah dihasilkan oleh peserta selanjutnya dibentuk sebuah modul atau hasil karya berupa Tempat Duduk, Meja, Dinding, Bangunan Gedung dan bentuk-bentuk lainnya yang pada dasarnya Dari POLUSI menjadi SOLUSI. Kegiatan ini diharapkan dapat diketuk tular sehingga semakin meluas dan pada akhirnya   tercipta kesadaran bersama untuk atasi sampah plastik ini.

Unidha MAN 1 PROBOLINGGO THE REAL EXCELLENT SCHOOL
Follow Media Sosial Man 1 Probolinggo : Facebook Youtube