header-int

MAN 1 Probolinggo Jawa Timur tetap wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat di masa Pandemi Covid 19

Jumat, 05 Jun 2020, 04:36:51 WIB - 252 View
Share
MAN 1 Probolinggo Jawa Timur tetap wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat di masa Pandemi Covid 19

Berita Viral yang selalu hangat untuk dibahas adalah penyebaran Virus Covid 19 atau yang dikenal dengan Virus Corona. Virus luar biasa yang mengancam keberlangsungan kehidupan masyarakat dunia ini cukup menjadi perhatian khalayak ramai termasuk perjalanan Pendidikan yang juga terdampak dari adanya pandemi ini. Namun Pandemi ini bukanlah akhir dari segalanya, badai cobaan ini pasti akan berlalu seiring waktu berjalan dan adanya berbagai ikhtiar yang dilakukan termasuk yang dilakukan para praktisi Pendidikan baik dari tingkat pusat sampai pada praktisi paling mendasar yaitu Lembaga Pendidikan.

Seperti kita ketahui Bersama pasca diumumkan Indonesia Darurat Wabah Covid 19 maka sektor pendidikanpun menjadi salah satu yang diprioritaskan untuk pencegahannya. Mengingat Pendidikan adalah penentu masa depan dimana Lembaga Pendidikan adalah tempat menempa generasi penerus dimasa yang akan datang. Berdasar pada fakta diatas maka kementerian Agama republik Indonesia memberikan berbagai kebijakan terkait Pendidikan di madrasah mulai kebijakan belajar dirumah, pengembangan media pembelajaran online dan kebijakan lainnya sebagai wujud merespon positif dari adanya pandemi virus covid 19 ini.   

MAN 1 probolinggo (MAN Karanganyar Paiton) adalah salah satu madrasah yang berada dibawah naungan kementerian agama yang terletak dikawasan bagian timur dari provinsi Jawa timur tepatnya di Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Meski berada di Kawasan desa namun madrasah ini merespon kebijakan-kebijakan yang diberikan dengan tetap melaksanakan amanah Pendidikan sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang ada termasuk berkenaan dengan prtokol kesehatan.

Seiring dengan Moto Madrasah yaitu Madrasah Hebat Bermartabat maka dimasa pandemi covid 19 ini madrasah harus benar-benar Hebat dengan melakukan berbagai inovasi dan tetap memberikan pelayanan sebagai wujud menjaga martabat Pendidikan. Demi menjaga moto tersebut dan mengacu pada kurikulum Darurat kementrian RI maka MAN 1 Probolinggo melakukan inovasi pembelajaran Daring atau pembelajaran Online seiring adanya intruksi Work From Home (WFH)

Pembelajaran daring dilakukan dengan memperhatikan berbagai hal mengingat input siswa dan siswi madrasah kami tidak seperti kota pada umumnya. Prinsip pelayanan dioptimalkan dengan menyesuaikan kondisi siswa dan siswi. Disamping aplikasi E-learning Madrasah yang disediakan, kami harus menyediakan opsi lain mengingat tidak semua siswa kami memiliki akses Internet yang memadai untuk memanfaatkan E-Learning tersebut. Sebagian siswa kami memiliki keterbatasan untuk memanfaatkan fasilitas ini, sehingga kami menyediakan opsi lainnya. Adapun akses E-learning kami bisa diakses di www.elearning.mansapro.net

Bagi siswa atau siswi yang memiliki keterbatasan untuk akses E-learning, MAN 1 Probolinggo menyediakan fasilitas pembelajaran melalui aplikasi Sosmed berbasis android seperti WhatsApp dan Telegram. Hal ini lebih menjangkau para siswa untuk tetap mendapatkan pelayanan pembelajaran jarak jauh. Tidak sebatas itu, MAN 1 Probolinggo juga melakukan pembelajaran dengan cara Tugas Portofolio bagi siswa-siswi yang memang benar-benar tidak memiliki akses jaringan internet. Sehingga kegiatan dilakukan secara manual dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan.

Berdasarkan kalender Pendidikan Kementerian Agama RI kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) yang bertepatan dengan awal Juni ini maka PAS diselenggarakan secara Online dengan memanfaatkan piranti online yang dimiliki madrasah baik E-learning Madrasah maupun dengan priranti Sosial media berbasis android. Disamping itu MAN 1 Probolinggo juga menyiapkan mekanisme-mekanisme baru terkait pelaksanaan Tahun Ajaran Baru yang akan dilaksanakan pada 13 Juli 2020 mendatang salah satunya adalan Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang diselenggarakan secara Online.

Warga madrasah berkomitmen tetap memberikan pelayanan terbaik kepada siswa madrasah selama pandemi covid 19 ini terutama saat pelaksanaan New Normal di Kabupaten Probolinggo nantinya. MAN 1 Probolinggo sudah menyiapkan pola aturan baru menyambut pelaksanaan tahun ajaran baru 2020/2021 dengan mengacu pada Protokol Kesehatan antara lain :

1. Wajib menggunakan Masker

2. Tidak berjabat tangan dan selalu menjaga jarak (Sosial Distancing)

3. Mencuci tangan sesering mungkin

4. Menyediakan sarana cuci tangan seperti Wastafel, hand sanitizer dan lain-lainnya

5. Melakukan Kampanye Pencegahan Penyebaran Virus Covid 19

6. Melakukan Penyemprotan Desinfektan diseluruh lingkungan madrasah

7. Melakukan MOU dengan Dinas Kesehatan atau Instansi terkait guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan

Pandemi covid 19 ini bukanlah akhir dari segalanya, mari Bersama kita putus rantai penyebaran virus ini dengan melaksanakan protokol kesehatan. Kehidupan harus tetap berjalan, dengan Ikhtiar kita pasti bisa lakukan perubahan. Semangat Lakukan Aksi Pencegahan dan selalu berinovasi untuk mecapai Madrasah Hebat yang benar-benar Bermartabat.

 

Unidha MAN 1 PROBOLINGGO THE REAL EXCELLENT SCHOOL
Follow Media Sosial Man 1 Probolinggo : Facebook Youtube